Skip to main content

Aku Si Kota Tua

Aku sebuah kota tua
Tak salah lagi, umurku juga sudah tua
Aku melahirkan anak yang sudah bercicit-cicit
Lagi dan lagi, aku hanyalah sebuah kota tua
Bekas dari sebuah ibukota kerajaan
Dulu aku merupakan tempat pertumpahan darah orang
Hingga banyak orang tahu akulah pusat ibukota dari Kerajaan Mataram Islam
Jika kalian para generasi penerus, haus akan sejarahku
Datanglah kemari, ke sebuah daerah istimewa di Pulau Jawa
Aku akan siap menyambut kalian dengan beragam budaya, cerita dan keramahan orang-orangnya
Jangan sungkan dan segan
Aku takkan mengecewakanmu
Aku tahu betapa berharganya waktu jika kau datang mengunjungiku
Begitulah waktuku dulu ketika aku mengukir sejarah untuk kalian telusuri
Aku ada di masa lalu kalian
Aku hadir di masa sekarang bersama kalian
Dan aku tetap ingin hadir di masa depan bersama anak dan cucu kalian nanti
Kuharap kalian tak melupakan warisan terdahulu yang dititipkan sejarah padaku
Teruslah datang mencari dan sekedar mampir mengunjungiku
Aku akan menghadiahkan kalian dengan sejuta ragam kenikmatan
Teruslah menyelusuri lorong-lorong kecil yang ada pada diriku ini
Sejarah telah mengukir kehidupanku, sehingga jika kalian mengupasnya akan lebih menarik
Aku meninggalkan beberapa bukti sejarah
Aku masih menjaga makam para pendiriku dulu
Rumah-rumah tradisional yang dulu ditempati
Masjid agung yang dulu merupakan tempat dimana kami memohon perlindungan
Begitupun kebudayaan masyarakat pada masaku dulu masih tertanam hingga sekarang
Aku selalu menunggu kehadiran kalian
Karena aku telah menyediakan sesajian untuk kalian ketahui siapakah aku sebenarnya.
Aku menjadi saksi bisu dari kerajaan ini yang hampir mengusai seluruh pelosok Pulau Jawa

Kotagede, begitulah aku dinamakan.


Written by : Hidayatul Fitri

Catatan :
Juara 1 Puisi dalam event lomba menulis puisi diselenggarakan oleh BROSUR 54 Kotagede tahun 2015.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Meulaboh, “…di siko lah kito belaboh… “

Meulaboh, Kota yang pernah terkenal karena bencana tsunami 2004 yang meluluh lantakkan sebagian besar kehidupan sosial dan infrastruktur kotanya. Kini Meulaboh hadir sebagai kota yang tengah membangun, membangun kembali jati dirinya sebagai sebuah kota yang mempunyai sejarah panjang sebagai salah satu identitas keberagaman yang ada di Aceh. Meulaboh juga kembali hadir sebagai sebuah kota yang ingin merubah pandangan dari kota penuh mistik menjadi kota penuh karakteristik.. dan pastinya Meulaboh juga hadir dalam deretan tulisan saya mengenai Aceh . Setelah mendapat respon yang positif dari tulisan Banda Aceh (Menyusuri Sejarah kota Banda Aceh) , Lhokseumawe (Lhokseumawe, Sejarah dan Kenangan yang Terlupakan) , Lamno (Pesona Lamno, Pesona Wanita Bermata Biru) dan Sabang (Sabang, dari Nol Kilometer, hingga Jutaan Keindahan) . Kini penelusuran sejarah akan menjejakkan kaki dan penanya ke sebuah kota tempat lahirnya Sang Pahlawan, Teuku Umar. Setelah membuka 3 buah buku tentang se

Kenangan Lama

Tetap saja ketika tempat itu kulalui kenangan kita tak pernah mudah terhapus begitu saja dari ingatanku. Beberapa titik dari setiap ruang selalu saja menjadi primadona tersendiri untuk menebar senyum tipis diraut wajahku. Terbekas memang, meski kenangan bersama orang lain pernah kulalui tapi ini berbeda dengan cara kita berdua menikmati kota. Aku suka rindu datang ke sini, aku kadang suka mengulang adegan kecil yang mengundang tawa antara kita. Aku terlalu suka merasuk pada kenangan lama itu. Bagiku itu menjadi buah rinduku, mungkin. Entah apa sebabnya. Mungkin karena kamu begitu nyata, begitu banyak hal yang merubahkan sikapku padamu. Aku hingga lupa, bagaimana keadaan kita sebelumnya. Dulu tak secanggung hari kemarin. Suatu malam sebuah pesan ingin bertemu sampailah pada handphoneku. Kukabulkan malam itu, walau sebenarnya tak terlihat jelas alasan kuat apa untuk bertemu. Mungkin sebagai penebus rasa. Aku datang, kau pun begitu. Yang kugambarkan dari pertemuan itu adalah kikuk

Bill Gates, Pastinya kenal dong..

Siapa yang tidak kenal dengan Bill Gates ? orang yang selalu ada dalam daftar pertama orang-orang terkaya di dunia. Selain itu Bill Gates yang juga pendiri Microsoft, siapapun dari kita pasti pernah memakainya yang terdapat di system operasi windows. Microsoft itu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. William Henry Gates lll atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates, beliau dilahirkan pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama William Henry Gates, Sr. beliau adalah seorang pengacara dan ibunya Mary Maxwell Gates seorang anggota dewan direktur First Interstate Banc System. Dan kakeknya pun seorang jutawan, saat Bill Gates lahir secara hukum dia mendapat jatah warisan kekayaan dari kakeknya sebesar 1 juta dollar. Sejak usia sekitar 10 tahun, Bill Gates menurut penuturan ayahnya sudah sangat suka belajar. Dia sudah tamat membaca World Book Encylopedia dari seri awal sampai akhir. “saya sungguh banyak impian ketika ma